Puisi Karya Chairil Anwar






DOA

Karya : Chairil Anwar
Kepada Pemeluk teguh
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namaMu
Biar susah sungguh
mengingat Kau penuh seluruh
cahayaMu panas suci
tinggal kerlip lilin di kelam sunyi
Tuhanku
aku hilang bentuk
remuk
Tuhanku
aku mengembara di negeri asing
Tuhanku
di pintuMu aku mengetuk
aku tak bisa berpaling




Aku
(Chairil Anwar)

Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi




                                                                                                                  

Contoh Audit Program Piutang Terlambat





Audit program merupakan kumpulan dari prosedur audit yang akan dijalankan dan dibuat secara tertulis. 

Tujuan audit program adalah untuk membantu auditor dalam memberikan perintah kepada asisten mengenai pekerjaan yang harus dilaksanakan. Audit program harus mencantumkam :


  1. Tujuan pemeriksaan 
  2. Audit prosedur yang harus dijalankan 
  3. Kesimpulan pemeriksaan 
Berikut ini saya akan memberikan contoh dalam pembuatan audit program dalam pemeriksaan piutang terlambat. Semoga dapat bermanfaat.


AUDIT PROGRAM PIUTANG TERLAMBAT


A. Tujuan

  1. Untuk memastikan bahwa A/R overdue Cabang sudah sesuai dengan KPI yang ditetapkan. 
  2. Untuk memastikan bahwa bagian Faktur dan Manager Finance mengetahui alasan piutang terlambat dan sudah dilakukan follow up atas piutang-piutang tersebut. 
  3. Untuk memastikan bahwa proses penagihan oleh Kolektor atas outlet-outlet tersebut sudah dilaksanakan sesuai jadwal dan kontinuitasnya terjaga. 
  4. Untuk memastikan bahwa piutang-piutang terlambat tersebut timbul bukan disebabkan karena kesalahan analisis pada saat order diloloskan. 
  5. Untuk memastikan bahwa piutang-piutang tersebut tidak disebabkan adanya tindak kecurangan personel Cabang (order fiktif, penggelapan tagihan, dsb). 
B. Dokumen
  1. Daftar Invoice Belum Lunas 
  2. Daftar Invoice Belum Lunas Sudah Jatuh Tempo 
  3. Rekap Piutang by Outlet 
  4. Kartu Piutang Outlet 
  5. Form Konfirmasi Piutang 

C. Prosedur Pemeriksaan


  1. Print Daftar Invoice Belum Lunas Sudah Jatuh Tempo. 
  2. Bandingkan dengan Daftar Invoice Belum Lunas all, hitung persentase A/R overdue-nya. Pastikan sudah sesuai KPI yang ditetapkan. 
  3. Cross check ke bagian Faktur untuk memastikan alasan faktur-faktur tersebut belum lunas, kontinuitas penagihan, dan follow up yang telah dilakukan. 
  4. Untuk pelanggan yang nilai overduenya besar, periksa apakah melebihi plafon kredit yang telah ditetapkan dan cek pejabat yang menyetujui pelolosannya. 
  5. Untuk pelanggan yang nilai overduenya besar, pastikan bahwa pesanan berikutnya dipending/tidak diloloskan. 
  6. Periksa konsistensi Faktur dalam melakukan Konfirmasi Piutang yang tercatat dalam form Konfirmasi Piutang. 
  7. Lanjutkan dengan Faktur Opname 
  8. Lakukan konfirmasi piutang ke pelanggan jika ditemukan indikasi penyimpangan/kasus atau pelanggan bermasalah. 

D. Simpulan

  1. Apakah persentase A/R overdue Cabang sudah wajar dan sesuai KPI yang ditetapkan 
  2. Apakah Faktur mengetahui dengan pasti alasan faktur-faktur tersebut belum lunas? Apakah penagihan dan follow up ke pelanggan tersebut telah dilakukan secara kontinu? 
  3. Apakah terdapat pelanggaran Cabang dalam pelolosan order sehingga mengakibatkan timbulnya A/R overdue? 
  4. Apakah konfirmasi piutang telah dilakukan oleh Faktur secara konsisten dan dicatat dalam form Konfirmasi Piutang? 
  5. Apakah terdapat indikasi penyimpangan/kasus yang terjadi, pelanggan bermasalah/bangkrut/kabur?

Tampil Beda


Tampil Beda

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang. supaya mereka melihat perbuatan baik dan memuliakan Bapamu di Sorga. Matius 5:16

Mengapa Jokowi, sosok sederhana dari kota kecil bisa memimpin Jakarta? Salah satu kunci suksesnya adalah karena Jokowi tampil beda dibanding pejabat-pejabat lainnya. Sementara kebanyakan pejabat tinggi bersifat arogan, Jokowi tampil down to erath. Sementara kebanyakan pemimpin susah didekati, Jokowi justru blusukan dan langsung turun kebawah. Sementara stereotip pemimpin daerah suka memanpaatkan kedudukan dan jabatan, Jokowi memilih fasilitas sederhana, seperti tetap menggunakan mobil dinas tahun 2002 saat menjabat walikota Solo, memilih naik pesawat kelas ekonomi, tak ada voojrider yang mengawal mobil dinasnya. Dan yang mencengangkan lagi, selama menjabat walikota Solo, beliau tidak pernah mengambil gajinya.

Sudah terlalu sering dengar jurus sukses "Dare to be different". Mengapa kita harus tampil beda? Manusia pada dasarnya sudah jenuh dengan yang itu-itu saja. Sudah bosan dengan yang begitu-begitu saja. Jadi, ketika ada sesuatu yang baru, yang berbeda dari biasanya, maka hal itu akan menarik perhatian banyak orang. Dari situlah biasanya sukses itu datang. Tak bisa dimungkiri, sosok Jokowi yang sangat berbeda dari pimpinan kebanyakan membuat terlihat dan menonjol. Itulah yang membuat sukses memenangipilgub Jakarta.

Jadi ingin sukses, kita harus terlihat menonjol. ini berlaku dalam hal apapun juga. Jasa, layanan, produk, kualitas, dan semua bisnis kita harus terlihat menonjol. Perhatikan bintang-bintang dilangit. Bintang yang menarik perhatian adalah bintang yang pendar cahayanya lebih kuat dibandingkan dengan bintang-bintang yang lainnya. Jangan selalu mengartikan bahwa membuat diri terlihat menonjol berarti kita menjadi sombong. Tentu itu dua hal yang berbeda. Bukanya firman Tuhan sendiri berkata bahwa perbuatan baik kita harus terlihat? Yesus berkata."Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu di Sorga."(Mat 5:16).

Diambil dari Renungan Harian Interdenominasi

Contoh Audit Program Faktur Batal/Revisi

AUDIT PROGRAM FAKTUR BATAL/REVISI

A.Tujuan:

  1. Untuk memastikan bahwa proses pembatalan/revisi faktur telah sesuai dengan ketentuan. 
  2. Untuk memastikan alasan penyebab terjadinya faktur batal/revisi, dan alasan tersebut telah dicatat dan dapat dipertanggungjawabkan. 
  3. Untuk memastikan kewajaran jumlah faktur batal di Cabang. 
B. Dokumen
  1. Laporan Faktur Batal 
  2. Arsip faktur batal 
  3. Kartu Gudang 
C. Prosedur Pemeriksaan
  1. Print Laporan Faktur Batal per periode dari sistem. 
  2. Bandingkan jumlah faktur batal dengan total jumlah faktur tercetak per periode. Hitung persentasenya. 
  3. Pastikan bahwa fisik faktur batal seluruhnya telah diarsip oleh Sales Admin, lengkap dengan stempel dan alasan batal yang ditandatangani oleh bagian Gudang, Ekspedisi, dan Kepala Admin penjualan. 
  4. Pastikan bahwa faktur yang dibatalkan/direvisi sebelum faktur diserahterimakan ke Gudang, barang tidak keluar dari Gudang; dan faktur yang dibatalkan/direvisi setelah pengiriman barang, fisik barang telah masuk ke Gudang. 
  5. Pastikan kewajaran alasan faktur batal. 
  6. Pastikan untuk faktur revisi telah dilampiri dengan faktur sebelumnya. 
D. Simpulan
  1. Apakah proses pembatalan/revisi sudah dijalankan sesuai ketentuan? 
  2. Apakah fisik faktur batal telah diarsip oleh Sales Admin secara lengkap? 
  3. Apakah alasan pembatalan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya? 
  4. Apakah faktur batal/revisi yang telah diproses, barangnya telah masuk ke Gudang dan dicatat dalam Kartu Gudang?

Canda Dunia Kerja

PINTU YANG SELALU TERBUKA
Pada minggu sore yang cerah, dua orang pemuda RT melakukan kunjungan dari pintu ke pintu untuk mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan.Suatu kali mereka mengetuk satu pintu rumaha, dan melihat bahwa wanita yang membuka pintu tidak senang melihat mereka.
Wanita itu mengatakan kepada mereka dengan tegas bahwa ia tidak ingin membantu apa-apa, dan sebelum mereka bisa berkata apa-apa lagi, dia membanting pintu di depan mereka. yang mengejutkan, pintu tidak tertutup, bahkan kembali terbuka. Wanita itu mencoba lagi, bener-bener mendorong pintu itu, dan membanting lagi dengan hasil yang sam, pintu kembali terbuka.
Wanita itu yakin bahwa orang-orang muda itu mengganjanl pintu dengan kaki mereka, dan kali ini dia mengumpulkan tenaga yang sangat besar untuk membanting pintu itu dengan sangat kuat. Saat itu, salah satu dari mereka berkata dengan tenang. "Bu, sebelum anda melakukanya lagi, Anda harus memindahkan kucing anda terlebih dahulu."

Contoh Audit Program Sales Verifikasi




AUDIT PROGRAM SALES VERIFIKASI

A. Tujuan

  1. Untuk memastikan bahwa nama outlet yang tertera di faktur benar-benar ada dan alamatnya telah sesuai. 
  2. Untuk memastikan bahwa faktur yang tercetak benar-benar pesanan outlet dan tidak fiktif. 
  3. Untuk memastikan bahwa kondisi harga, diskon, bonus, dan TOP telah sesuai dengan realitas di lapangan. 
  4. Untuk memastikan bahwa kunjungan Salesman ke outlet benar-benar dilakukan. 
B. Dokumen
  1. Copy faktur 
  2. Copy Surat Pesanan 
  3. Daftar Kunjungan Salesman 
  4. Laporan Penjualan 
  5. Daftar Invoice Belum Lunas
C. Prosedur Pemeriksaan

  1. Berdasarkan data Laporan Penjualan/Daftar Invoice Belum Lunas, minta copy faktur dan copy surat pesanan ke bagian Sales Admin. 
  2. Minta Daftar Kunjungan Salesman ke Sales Supervisor. 
  3. Lakukan kunjungan langsung ke outlet, konfirmasi kebenaran pesanan yang tercetak pada faktur, termasuk kesesuaian TOP, harga, diskon, dan bonus.Cross check kesesuaian kunjungan Salesman ke outlet sesuai dengan hari/tanggal kunjungan yang tertera pada Daftar Kunjungan Salesman. 
D. Simpulan
  1. Apakah pesanan yang tertera pada faktur benar-benar pesanan outlet dan tidak fiktif? 
  2. Apakah kondisi TOP, harga, diskon, dan bonus telah sesuai dengan realitas di lapangan? 
  3. Apakah Daftar Kunjungan Salesman telah sesuai dengan realisasi kunjungan Salesman ke outlet sesuai dengan hari dan tanggal yang tertera?

Humor Hilang di Kebun Binatang


Karena tidak menemukan suaminya, dengan panik seorang ibu mendatangi pusat informasi sebuah kebun binatang.

Ibu         : "Tolong diumumkan kalau suami saya bernama pak Yanto terpisah dari keluarga".
Petugas  : "Terakhir, pisahnya dimana ibu?"
Ibu         : " Di kandang Moyet"
Petugas  : "Ibu tenang ya, akan kami umumkan. Mohon ibu menunggu di tempat tadi berpisah dengan suami                    ibu ya".
Ibu        : " Baik. terima kasih.

Sesaat kemudian petugas mengumumkan :
" PANGGILAN-PANGGILAN.... KEPADA BAPAK YANTO HARAPKEMBALI KEKANDANG MONYET, KARENA DITUNGGU SANAK KELUARGANYA......

Setelah mendengar pengumumakn dari petugas si ibu berpikir aowww sial kenapa gak saya telepon aja suami saya ke hand phonenya......

Trending Topic

http://wighan.blogspot.com/atom.xml