A.Tujuan:
- Untuk memastikan bahwa proses pembatalan/revisi faktur telah sesuai dengan ketentuan.
- Untuk memastikan alasan penyebab terjadinya faktur batal/revisi, dan alasan tersebut telah dicatat dan dapat dipertanggungjawabkan.
- Untuk memastikan kewajaran jumlah faktur batal di Cabang.
- Laporan Faktur Batal
- Arsip faktur batal
- Kartu Gudang
- Print Laporan Faktur Batal per periode dari sistem.
- Bandingkan jumlah faktur batal dengan total jumlah faktur tercetak per periode. Hitung persentasenya.
- Pastikan bahwa fisik faktur batal seluruhnya telah diarsip oleh Sales Admin, lengkap dengan stempel dan alasan batal yang ditandatangani oleh bagian Gudang, Ekspedisi, dan Kepala Admin penjualan.
- Pastikan bahwa faktur yang dibatalkan/direvisi sebelum faktur diserahterimakan ke Gudang, barang tidak keluar dari Gudang; dan faktur yang dibatalkan/direvisi setelah pengiriman barang, fisik barang telah masuk ke Gudang.
- Pastikan kewajaran alasan faktur batal.
- Pastikan untuk faktur revisi telah dilampiri dengan faktur sebelumnya.
- Apakah proses pembatalan/revisi sudah dijalankan sesuai ketentuan?
- Apakah fisik faktur batal telah diarsip oleh Sales Admin secara lengkap?
- Apakah alasan pembatalan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya?
- Apakah faktur batal/revisi yang telah diproses, barangnya telah masuk ke Gudang dan dicatat dalam Kartu Gudang?
0 comments:
Post a Comment