Home » » Contoh Audit Program Untuk Opname Faktur

Contoh Audit Program Untuk Opname Faktur



AUDIT PROGRAM FAKTUR OPNAME

A. Tujuan

  1. Untuk memastikan bahwa fisik faktur/kontra bon sudah sesuai dengan Daftar Invoice Belum Lunas. 
  2. Untuk memastikan bahwa fisik faktur/kontra bon sudah disimpan oleh bagian Inkaso sesuai dengan tanggal jatuh tempo faktur/jadwal pembayaran outlet. 
  3. Untuk memastikan bahwa setiap faktur yang ditagih sudah tercatat dalam Daftar Tagihan Harian. 
  4. Untuk memastikan bahwa fisik kontra bon (tanda terima tukar faktur) sudah diberi cap emboss. 
B. Dokumen
  1. Daftar Invoice Belum Lunas 
  2. Daftar Tagihan Harian 
  3. Faktur/Kontra Bon 
  4. Laporan Pelunasan 
  5. Bukti-bukti pemotongan tagihan (Bukti Retur Barang, bukti CN, kuitansi potongan program promosi) 
C. Prosedur Pemeriksaan
  1. Print Daftar Invoice Belum Lunas dari program. 
  2. Lakukan perbandingan data antara Daftar Invoice Belum Lunas dengan fisik faktur/kontra bon yang ada dan Daftar Tagihan Harian. 
  3. Periksa kelengkapan fisik faktur, apakah sudah ditandatangani (dan distempel) oleh pelanggan. Untuk pesanan obat keras sudah dilengkapi dengan SP yang ditandatangani oleh Apoteker Penanggung jawab Apotek/Direktur RS. 
  4. Periksa kelengkapan kontra bon (tanda terima tukar faktur), pastikan sudah diemboss oleh bagian Inkaso. 
  5. Apabila terdapat selisih, pastikan alasannya dapat dipertanggung jawabkan dan dilengkapi dengan bukti-bukti. Misalnya alasan retur harus ada Bukti Retur Barang, alasan sedang ditagih harus ada Daftar Tagihan Harian, alasan potong CN harus ada bukti pemotongan CN yang telah divalidasi, alasan potongan program harus ada kuitansi potongan program promosi dari pelanggan yang sudah divalidasi. 
  6. Apabila diperlukan dan ada indikasi penyimpangan/kecurangan, segera lakukan konfirmasi piutang ke pelanggan. 
D. Simpulan
  1. Apakah jumlah fisik faktur/kontra bon sudah sesuai dengan Daftar Piutang Belum Lunas? 
  2. Apakah terdapat selisih faktur/kontra bon yang tidak dapat dipertanggungjawabkan? 
  3. Apakah terdapat faktur yang tidak dilengkapi tanda tangan (dan stempel) pelanggan? 
  4. Apakah terdapat indikasi penyimpangan/kasus yang terjadi? 

0 comments:

Post a Comment

Trending Topic

http://wighan.blogspot.com/atom.xml