AUDIT PROGRAM RETUR PENJUALAN
A. Tujuan
A. Tujuan
- Untuk memastikan bahwa retur dari outlet benar dan tidak fiktif.
- Untuk memastikan bahwa retur tersebut bukan berasal dari aktivitas push order/order fiktif oleh tim sales/marketing.
- Untuk memastikan bahwa Tanda Terima Barang Retur yang terbit telah dilengkapi dengan tanda terima retur dan Bukti Retur Barang lengkap dengan tanda tangan (dan stempel) outlet.
- Untuk memastikan bahwa proses retur sejak barang diterima dari outlet sampai dengan penyelesaian ke outlet, jangka waktunya sudah wajar.
- Laporan Retur Penjualan
- Tanda Terima Barang Retur
- Bukti Retur Barang
- Kartu Gudang
C. Prosedur Pemeriksaan
- Print Laporan Retur Penjualan per periode.
- Bandingkan kesesuaian antara Laporan Retur Penjualan dengan Tanda Terima Barang Retur yang ada.
- Pastikan bahwa Tanda Terima Barang Retur yang terbit telah dilengkapi dengan Bukti Retur Barang dari pelanggan dan telah disetujui oleh pejabat yang berwenang.
- Pastikan bahwa retur penjualan yang telah diproses, barangnya telah masuk ke Gudang dan dicatat dalam Kartu Gudang.
- Telusuri proses retur yang terjadi, sejak barang diterima dari outlet sampai dengan proses penyelesaiannya ke outlet. Hitung berapa lama jangka waktunya.
- Apabila ada indikasi retur fiktif atau retur yang diakibatkan karena order fiktif dan push order. Segera lakukan verifikasi langsung ke outlet.
- Apakah proses retur sudah berjalan dengan baik di Cabang, dokumennya lengkap, dan jangka waktunya sudah wajar?
- Apakah retur penjualan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya?
- Apakah retur yang telah diproses, barangnya telah masuk ke Gudang dan dicatat dalam Kartu Gudang?
- Apakah retur penjualan yang telah diproses telah dilengkapi dengan Bukti Retur Barang yang disetujui oleh pejabat berwenang?
0 comments:
Post a Comment